Cara Mencegah Kebocoran Data Pribadi

Artikel, Teknologi238 views

(Madukara.com) TEKNOLOGI – Kebocoran data SIM selular sejak beberapa hari belakangan menjadi topik hangat. Bahkan, kebocoran data ini dilakukan oleh akun Bjorka, seorang hacker yang telah memiliki data 1,3 data SIM selular masyarakat Indonesia.

Kebocoran data sejatinya bisa dilakukan siapa saja dengan menyasar korban yang gagap teknologi alias gaptek. Salah satu yang sering kita dengar ada phising dan penyebaran malware.

Secara sederhana, Phising adalah sebuah alamat sebuah website yang di sebarkan oleh orang dengan sebuah iming-iming hadiah dengan tujuan mendapatkan data pribadi baik itu berupa password maupun data pribadi lainnya.

Sedangkan malware adalah sebuah software atau kode yang disematkan kedalam software, aplikasi, atau sebuah link tertentu. Lalu, bagaimana cara kita mengantisipasi kebocoran data dari phising dan malware?

Cara Mencegah Kebocoran Data Pribadi

1. Rajin Membaca

Apa hubungannya kebocoran data dengan membaca? ada banyak informasi di internet yang membahas tentang kebocoran data dan penyebabnya. Jika kita rajin membaca dari berbagai sumber tentang hal tersebut, kita akan semakin waspada dan teredukasi soal kebocoran data dan penyebabnya.

2. Gunakan Nomor Telepon Untuk Verifikasi

Untuk anda pengguna sosial media, ada baiknya mulai sekarang menggunakan nomor telepon sebagai verifikasi kedua.
Verifikasi seperti ini sudah disediakan hampir seluruh sosial media untuk melindungi penggunanya. Oleh karena itu, sebaiknya segera aktifkan verifikasi menggunakan nomor telepon sebelum peretas mengambil alih data pribadi dan akun anda.

3. Jangan Berikan Password Kepada Orang Lain

Pada bagian ini, terkadang kita terlalu percaya pada orang sehingga kita dengan sukarela memberikan password akun sosial media kita ke orang tersebut.

Jika anda ingin melakukan hal tersebut, ada sebuah kalimat latin yang berkata “Homo Homini Lupus” yang artinya “Manusia adalah serigala bagi manusia lainnya”.┬áMemang tidak semua “manusia adalah serigala bagi manusia lainnya” namun ada sebagian orang memliki tabiat kejam seperti serigala.

Pandailah memilih teman untuk membagikan hal yang bersifat pribadi seperti memberikan akun dan password sosial media kita.

(Visited 36 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed