BMKG Lampung Minta Warga Waspadai Banjir ROB Hingga Awal Juni 2022

(Madukara.com) Bandar Lampung, Lampung – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Maritim Panjang Lampung mengingatkan kepada masyarakat di wilayah Pesisir Provinsi Lampung untuk waspada terhadap banjir rob. Pasang air laut atau banjir rob diprediksi akan terjadi pada 31 Mei-3 Juni 2022.

Kepala BMKG Stasiun Maritim Panjang Lampung, Raden Eko mengungkapkan, fenomena ketinggian air laut yang berdampak terhadap banjir rob, merupakan siklus alam yang hampir terjadi setiap bulannya di wilayah Indonesia. “Kita sudah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat khususnya wilayah pesisir Lampung untuk mewaspadai fenomena banjir rob. Dalam pekan ini akan terjadi fenomena banjir rob,” kata Eko, Senin (30/5/2022).

Meski sudah menjadi siklus bulanan, lanjut Eko, masyarakat diharapkan dapat melakukan upaya kesiapsiagaan bencana. Beberapa wilayah yang diperkiran terkena dampak signifikan banjir rob tersebut, diantaranya wilayah Pesisir Kota Bandar Lampung, Pesisir Kota Agung dan Tanggamus serta wilayah perairan Pesisir Timur Lampung.

“Akan ada fenomena banjir rob lagi, tetapi tidak sebesar kemarin. Banjir rob ini merupakan siklus yang tergantung beberapa faktor karena gratifikasi bulan ataupun matahari. Pada pekan ini akan ada fenomena itu dari tanggal 31 Mei 2022 sampai 3 Juni 2022,” jelas Eko.

Lebih lanjut ia menjelaskan untuk beberapa hari kedepan angin diperkirakan bertiup dari Selatan Barat dengan kecepatan maksimum dapat mencapai 20 knot. “Maksimum banjir rob dapat mencapai 1.5 meter,” ungkapnya.

BMKG Maritim mengimbau masyarakat untuk menjauhi wilayah pesisir dan mengamankan barang berharga ke tempat yang lebih tinggi.

Diketahui, sebelumnya Wilayah pesisir Bandar Lampung, salah satunya di jalan Teluk Bone atau Cungkeng, Kelurahan Kota Karang, Kecamatan Telukbetung Timur, dan juga di kawasan sentra pengolahan ikan asin, Pulau Pasaran mengalami Banjir rob, Selasa (17/5/2022) pagi.

(Visited 29 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed