4.436 Personel Gabungan Amankan Perayaan Natal Dan Tahun Baru di Lampung

(Madukara.com) Bandar Lampung, Lampung – Sebanyak 4.436 personil gabungan Polda Lampung dikerahkan untuk melakukan pengamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 mendatang. Kegiatan operasi kepolisian terpusat itu bakal dilaksanakan mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Personel gabungan yang diterjunkan terdiri dari 172 personil Polda Lampung, 2.340 personil polres dan jajaran, 1.924 personil gabungan dari TNI dan stakeholder yang ada di Provinsi Lampung.

“Operasi Lilin Krakatau ini merupakan salah satu rangkaian pengamanan dan pengetatan selama Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pengamanan diberikan, agar masyarakat dapat merasakan aman dan nyaman sebagaimana perintah Pak Presiden,” kata Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus saat memimpin apel gelar pasukan pengamanan Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, di lapangan apel Mapolda Lampung, Kamis (22/12/2022).

Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengungkapkan untuk mengantisipasi kamtibmas di Provinsi Lampung, setiap lokasi ibadah akan dilakukan sterilisasi melibatkan TNI, BNPT, Jibom Brimob, K-9, dan perkuatan dari Densus 88 Anti Teror.

“Kita juga melibatkan elemen masyarakat termasuk ormas keagamaan dalam pengamanan ibadah natal sebagai wujud toleransi beragama,” ungkap Kapolda.

Selain itu, Kapolda Lampung juga mengatakan bahwa sudah melakukan pemetaan untuk objek pengamanan. Sebanyak 883 Objek yang terdiri dari 1.018 gereja, 1 Bandara, 14 lokasi terminal, 13 lokasi Stasiun KA, 3 lokasi pelabuhan dan 2 Lokasi Bandara.

Dia melanjutkan, 234 objek wisata dan 61 pusat perbelanjaan dan 84 Hotel akan menjadi fokus pengamanan selama perayaan dan natal dan tahun baru.

Dalam memberikan pelayanan yang maksimal pada warga yang akan melakukan mudik Nataru, Polda Lampung juga menyiapkan sebanyak 74 Pos Pengamanan, yang terdiri dari 55 Pos Pam, 18 Pos Pelayanan dan 1 Pos Terpadu.

“Pos pengamanan akan kami siapkan di titik-titik keramaian seperti di Gereja, lokasi pariwisata, sentra ekonomi dan objek lokasi pergantian tahun,” beber Kapolda Lampung.

Kemudian, lanjut Kapolda Lampung, pos pelayanan akan disiapkan pada titik-titik pelayanan kepada masyarakat yang akan melakukan mobilitas di semua moda transportasi dengan tetap menerapkan prokes, serta memberikan pelayanan kesehatan di terminal, stasiun KA, Pelabuhan dan Bandara.

Kapolda, juga menghimbau kepada masyarakat yang melakukan liburan dan merayakan hari Natal dan tahun baru apabila capek dan lelah dalam perjalan menggunakan kendaraan untuk beristirahat di tempat-tempat aman seperti di rest area di jalan tol dan kantong kantong parkir yang aman di jalan arteri lintas sumatera, dan apabila membutuhkan dan menemukan suatu masalah dapat melaporkan melalui Aplikasi Super App dan Call Center Polri 110 serta kantor Polisi yang terdekat. (rgr)

(Visited 18 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed